Pengembangan Budaya Lokal di Perguruan Tinggi

PENGEMBANGAN BUDAYA LOKAL DI PERGURUAN TINGGI

 Image

Nama: Fazrul El Mauludy

Npm: 13113346

Kelas: 1KA07

UNIVERSITAS GUNADARMA

KATA PENGANTAR

Puji dan Syukur kami panjatkan ke Hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat limpahan Rahmat dan Karunia-nya sehingga saya dapat menyusun makalah ini dengan baik dan tepat pada waktunya. Dalam makalah ini saya membahas mengenai Pengembangan Budaya Lokal di Perguruan Tinggi. Makalah ini dibuat dengan berbagai observasi dan beberapa bantuan dari berbagai blog yang ada di internet untuk membantu menyelesaikan semua tugas selama mengerjakan makalah ini. Oleh karena itu, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini. Saya menyadari bahwa masih banyak kekurangan yang mendasar pada makalah ini. Oleh karena itu saya mengundang pembaca untuk memberikan saran serta kritik yang dapat membangun saya. Kritik konstruktif dari pembaca sangat saya harapkan untuk penyempurnaan makalah selanjutnya.

DAFTAR ISI

Cover………………………………………………………………i

Kata Pengantar…………………………………………………… ii

Daftar Isi…………………………………………………………. iii

Bab 1 Pendahuluan……………………………………………… 1

Latar Belakang……………………………………………. 1

Rumusan Masalah………………………………………… 1

Tujuan……………………………………………………….. 1

Bab 2 Pembahasan……………………………………………… 2

Bab 3 Penutup…………………………………………………… 3

Kesimpulan…………………………………………………3

Referensi………………………………………………………… 4

BAB IPENDAHULUAN

Latar Belakang

Salah satu masalah utama dalam bidang pendidikan dan kebudayan adalah masalah identitas kebangsaan. Dengan derasnya arus globalisasi dikhawatirkan budaya bangsa, khususnya budaya lokal akan mulai terkikis. Budaya asing kini kian mewabah dan mulai mengikis eksistensi budaya lokal yang sarat makna. Agar eksistensi budaya lokal tetap kukuh, maka diperlukan pemertahanan budaya lokal.

Rumusan Masalah

Apa yang harus dilakukan perguruan tinggi dalam mengembangkan budaya Indonesia?

Tujuan

Agara mahasiswa mengetahui pentingnya mengembangkan budaya lokal

1

BAB 2 PEMBAHASAN

Setiap perguruan tinggi seharusnya bertanggung jawab untuk mengembangkan kebudayaan lokal di masing-masing daerah tempatnya berada. Pengembangan kebudayaan tersebut juga harus melibatkan atau bekerja sama dengan media. Upaya ini penting dilakukan untuk mempertahankan kebudayaan daerah sebagai bagian dari kebudayaan nasional. Perguruan tinggi yang baik harus memiliki misi untuk mengembangkan pendidikan dan kebudayaan, pengembangan pendidikan dan kebudayaan bahkan tidak boleh dipisahkan. Pengembangan kebudayaan/kesenian daerah juga perlu melibatkan kerja sama dengan media massa dan elektronik. Dengan demikian, kebudayaan daerah bisa diapresiasi oleh publik dan mendapat perhatian dari pemerintah dan pengusaha. Terkait dengan kesenian wayang Ada juga inovasi terbaru dengan kesenian tersebut harus beradaptasi dengan teknologi animasi agar dapat diterima oleh kalangan generasi muda, tetapi juga tidak kehilangan filosofinya untuk menyampaikan pesan yang baik.

2

BAB 3 PENUTUP

KESIMPULAN

Setiap perguruan tinggi seharusnya bertanggung jawab untuk mengembangkan kebudayaan lokal di masing-masing daerah tempatnya berada. Pengembangan kebudayaan tersebut juga harus melibatkan atau bekerja sama dengan media. Upaya ini penting dilakukan untuk mempertahankan kebudayaan daerah sebagai bagian dari kebudayaan nasional.

3

REFERENSI

http://www.ugm.ac.id/id/berita/607-perguruan.tinggi.harus.kembangkan.budaya.lokal (Selasa, 21 Juli 2009)

http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/artikel/306 (Bandung, 5–7 Agustus 2009)

4

 

Leave a comment