Konstribusi Budaya Lokal Pada Seni Budaya Indonesia

KONSTRIBUSI BUDAYA LOKAL PADA SENI BUDAYA INDONESIA

 

 Image

Nama: Fazrul El Mauludy

NPM: 13113346

Kelas: 1KA07

 

 

 

 

 

UNIVERSITAS GUNADARMA

 

KATA PENGANTAR

     

 

Puji dan Syukur kami panjatkan ke Hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat limpahan Rahmat dan Karunia-nya sehingga saya dapat menyusun makalah ini dengan baik dan tepat pada waktunya. Dalam makalah ini saya membahas mengenai konstribusi budaya local pada seni budaya indonesia. Makalah ini dibuat dengan berbagai observasi dan beberapa bantuan dari berbagai blog yang ada di internet untuk membantu menyelesaikan semua tugas selama mengerjakan makalah ini. Oleh karena itu, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini. Saya menyadari bahwa masih banyak kekurangan yang mendasar pada makalah ini. Oleh karena itu saya mengundang pembaca untuk memberikan saran serta kritik yang dapat membangun saya. Kritik konstruktif dari pembaca sangat saya harapkan untuk penyempurnaan makalah selanjutnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1

 

 

DAFTAR ISI

 

Cover………………………………………………………………  i

Kata Pengantar……………………………………………………   ii

Daftar Isi…………………………………………………………… iii

Bab 1 Pendahuluan……………………………………………….   1

          Latar Belakang……………………………………………..   1

          Rumusan Masalah…………………………………………    1

          Tujuan………………………………………………………….. 1

Bab 2  Pembahasan………………………………………………   2

Bab 3  Penutup……………………………………………………   4

          Kesimpula……………………………………………………. 4

Referensi…………………………………………………………   5

 

 

 

 

 

 

 

1

BAB I PENDAHULUAN

 

Latar Belakang

  Penghargaan pada budaya dan seni tradisi lokal menunjukkan penghargaan sebuah bangsa pada sejarah sekaligus identitas kebangsaannya sendiri. Dalam konteks Indonesia, penghargaan pada budaya dan seni tradisi lokal ini menghadapi problem yang cukup pelik. Beberapa kasus akuisisi seni tradisi masyarakat Indonesia oleh Malaysia selama sepuluh tahun terakhir, misalnya angklung, reog ponorogo, batik, dan lagu Rasa Sayange, menunjukkan adanya permasalahan eksistensi dan kebanggaan atas budaya lokal yang sangat mendesak.

 

Rumusan masalah

Apa saja yang dilakukan masyarakat Indonesia dalam mengembangkan budaya lokal?

 

Tujuan

Agar mahasiswa lebih mengetahui pengaruh budaya lokal yang ada di Indonesia.

 

 

 

 

 

 

 

2

BAB 2 PEMBAHASAN

 

        Manusia adalah mahluk budaya, maka kebudayaan dapat didefinisikan sebagai hasil pengungkapan diri manusia ke dalam materi sejauh diterima dan dimiliki oleh suatu masyarakat dan menjadi warisanya. Manusia harus menciptakan suatu kebudayaan, sebab tanpa kebudayaan ia mahluk yang tidak berdaya, yang menjadi korban dari keadaanya yang tidak lengkap dan naluri-nalurinya tidak terpadu. Manusia mempunyai individualism yang menyebabkan berbeda dengan mahlk lainya. Ini juga berlaku bagi kelompok-kelompok manusia , suku-suku , dan sebagainya. Itulah sebabnya mengapa kebudayaan yang diciptakan oleh manusia beranekaragam.

 

        Adapun  berbagai cara yang dilakukan masyarakat Indonesia untuk mengembangkan budaya lokal Indonesia

 

  • Mengadakan pameran budaya

Pameran yang di adakan oleh sekelempok organisasi yang memamerkan budaya ke negara lain, hal ini bisa menjadikan bahwa negara kita mempunyai kebudayaan yang beragam. Karena perkembngan IPTEK sangat pesat kita juga dapat melakukan melalui website atau lainnya, agar kebudayaan bangsa Indonesia dapat dikenal dan diketahui oleh bangsa lain tanpa berkunjung ke Negara Indonesia.

 

  • Banyaknya objek wisata yang dimiliki Indonesia.

Pariwisata adalah salah satu objek wisata alternatif yang sangat di minati oleh masyarakat dan turis yang ingin berlibur saat libur tiba. Wisata pun tidak hanya menyuguhkan pemainan, ataupun penglihatan semata, tetapi wisata juga menyuguhkan budaya yang kita miliki di tiap daerah yang berada di daerah tersebut.

3

 

 

  • Warisan budaya diakui oleh dunia

Dengan di akuinya warisan budaya kita oleh dunia, maka bisa dikatakan bawha negara kita memiliki budaya yang beragam dan tidak ditiru atau pun di akuai oleh negara lain, hanya tinggal dari kita sendiri yang mulai melestarikan dan membangun budaya agar tidak punah.

 

  • Generasi muda yang cinta pada kebudayaan Indonesia dan penuh kreatifitas

Melalui berkembangnya IPTEK generasi muda ini dapat memperkenalkan budaya kita yang beraneka ragam, mamadukan kebudayaan atau bahkan menimbulkan kebudayaan baru sperti kedisiplinan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

PENUTUP

 

Kesimpulan

   Menjaga kebudayaan bangsa berarti dapat mewujudkan masyarakat berakhlak mulia, bermoral, beretika, berbudaya, dan beradab berdasarkan falsafah Pancasila. Dengan cara mengenali kelemahan-kelemahan dan tantangan dalam meningkatkan daya saing budaya, maka dapat diambil berbagai langkah koreksi yang diperlukan. Dengan meningkatkan jati diri budaya lokal, berarti secara tidak langsung dapat meningkatkan budaya, dan demikian pun sebaliknya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

 

Referensi

Buku : Ilmu Budaya Dasar (penerbit PT Prenhallindo, Jakarta)

http://ekotrickfutsal.blogspot.com/2011/11/kontribusi-pemerintah-dan-masyarakat.html(Rabu, 23 November 2011)

http://budayalokal.communication.uii.ac.id/profil/

Leave a comment